Komposisi Foto Rule of Thirds

Komposisi Rule of Thirds adalah salah satu komposisi dalam dunia fotografi yang paling mudah untuk dilakukan oleh para fotografer, baik itu fotografer pemula maupun professional. Kenapa komposisi Rule of Thirds sering digunakan oleh para fotografer? Karena foto dengan menggunakan komposisi ini memiliki keseimbangan.

Apa Itu Rule of Thirds?

Rule of Thirds adalah komposisi dalam dunia fotografi yang menempatkan subjek pada sepertiga frame kamera. Cara menempatkan subjek ke sepertiga bagian frame kamera juga sangat mudah, anda bisa membayangkan jika foto anda terbagi menjadi 9 segmen yang terbentuk dari 2 garis vertikal dan 2 garis horizontal.

Tapi jika anda susah membayangkan 9 segmen tersebut, anda bisa mengaktifkan fitur grid pada kamera anda. Caranya sangat mudah, anda tinggal masuk ke menu kamera, setelah itu cari sub menu Grid Display dan pilih Grid #1.

Rule of Thirds adalah komposisi yang paling u,um digunakan oleh para fotografer. Prinsip dari dalam komposisi fotografi ini adalah menempatkan elemen terpenting pada foto disepanjang garis tersebut atau pada poin dimana garis tersebut memotong bagian dalam gambar. Dengan cara tersebutm, bisa menambah keseimbangan serta kesan indah dalam foto anda.

Cara Memotret Foto Rule of Thirds

Jika anda menempatkan Point of Interest di sepanjang garis, maka anda bisa mendapatkan foto yang lebih indah dan seimbang. Kenapa? Karena mata orang secara alami akan mengarah ke salah satu titik tersebut saat melihat foto anda.

Saat anda melakukan framing kepad foto yang akan anda ambil, tempatkan elemen terpenting dalam sepertiga bagian frame kamera. Jika anda kesusahan menempatkan elemen tersebut, silahkan aktifkan grid rule of thirds yang sudah saya jelaskan di atas.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai komposisi fotografi rule of thirds. Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.

Tulisan ini dipublikasikan di Fotografi. Tandai permalink.